4 Hal Yang Perlu Dihindari Untuk Penderita Asam Lambung

vacationdezigner – Penyakit asam lambung dan penyakit GERD adalah penyakit pada sistem pencernaan dengan rasa mual dan rasa terbakar di perut dan dada. Penyakit ini terjadi ketika asam di lambung naik dan masuk ke kerongkongan.

4 Hal Yang Perlu Dihindari Untuk Penderita Asam Lambung

Penyebab penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti sering mengosongkan perut, pola makan tidak teratur, begadang, dan sering mengonsumsi makanan pedas dan kopi.

Jika Anda sering melakukannya, asam lambung Anda akan menjadi parah dan kronis. Bagi penderita asam lambung, perlu untuk mengubahnya dan menerapkan pola hidup sehat. Mengutip Harvard Health Press, gaya hidup sehat dibawah ini dapat menurunkan asam lambung.

1. Hindari makanan tertentu

Pasien dengan asam lambung harus menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan refluks asam. Beberapa makanan yang harus dihindari antara lain makanan pedas, mint, makanan tinggi lemak, kafein, bawang merah dan bawang putih, alkohol, makanan asam, gorengan, dan coklat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk memiliki lebih banyak pilihan makanan. Masih banyak makanan yang tidak menyebabkan asam lambung, seperti sayur dan buah yang banyak mengandung air. Penderita asam lambung dapat mengubah metode memasak mereka dengan merebus, memanggang, dan mengukus.

2. Jangan tidur setelah makan

Kebiasaan tidur setelah makan justru bisa menyebabkan asam lambung kambuh. Saat tubuh dalam posisi duduk atau berdiri, gaya gravitasi dapat membantu menjaga asam lambung.

Biasanya banyak orang yang merasa mengantuk setelah makan. Kemudian, mereka memutuskan untuk tidur daripada menunggu makanan selesai dicerna. Yang terbaik adalah menyelesaikan makan tiga jam sebelum tidur bahkan di siang hari. Artinya, ngemil tengah malam harus dihilangkan.

3. Makan dengan porsi kecil, tapi sering

Ternyata saat perut sudah sangat kenyang ini akan meningkatkan asam lambung dan membuatnya masuk ke kerongkongan. Kebiasaan makan harus diubah untuk mencegah naiknya asam lambung.

Triknya adalah mengubah porsi makan menjadi sedikit lebih sedikit per hari, tetapi sedikit lebih banyak per hari. Ini lebih baik daripada hanya makan tiga kali sehari dengan porsi besar. Makan sedikit lebih banyak, makan lebih banyak, itu akan membantu menekan tutup perut. Namun, saat perut terasa tidak enak, segera hentikan makan.

4. Hindari minuman yang mengandung soda

Minuman berkarbonasi atau air soda mengandung asam karbonat yang sangat asam. Ini dapat merusak fungsi organ dan mengganggu pencernaan, yang menyebabkan peningkatan asam lambung.

Karena tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, minuman bersoda dapat memperburuk penyakit refluks asam. Saat Anda minum soda, itu akan membuat tubuh Anda berdetak kencang. Gas tersebut mengirimkan asam dari lambung ke kerongkongan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *