Beberapa Cara Mengatasi Masalah Pencernaan Secara Alami

vacationdezigner – Hampir setiap orang pernah mengalami masalah pencernaan, seperti sakit perut, kembung, mulas, mual, sembelit atau diare. Namun, jika gejala ini sering muncul, hal itu dapat sangat mengganggu hidup Anda.

Beberapa Cara Mengatasi Masalah Pencernaan Secara Alami

Untuk mengatasi masalah ini, perubahan pola makan dan gaya hidup akan berdampak positif bagi kesehatan usus Anda. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah pencernaan.

Anda juga tidak perlu panik dengan membeli obat di apotek. Pasalnya obat yang dijual di apotek belum tentu aman untuk lambung, apalagi jika mengalami maag.

Berikut adalah beberapa solusi alami untuk masalah pencernaan Anda dapat mencoba metode ini di rumah Metode ini merangkum berbagai sumber.

1. Makan lebih banyak sayur dan buah

Serat merupakan zat yang membantu kerja sistem pencernaan. Jika Anda mengalami sembelit atau diare, makan lebih banyak sayur dan buah mungkin menjadi pilihan utama Anda.

Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan kaya serat dalam buah-buahan seperti pepaya, apel, dan pir. Selain itu perbanyak konsumsi sayuran hijau yaitu sayur sawi.

2. Air jahe

Minum air rebusan jahe bisa meredakan beberapa gangguan perut, seperti mual, muntah, mulas dan perut kembung.

Air jahe juga telah terbukti mengurangi mual dan muntah pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Namun, ibu hamil tidak dianjurkan minum air jahe karena akan meningkatkan risiko keguguran.

3. Teh chamomile

Seperti dikutip Hello Sehat, teh chamomile bisa meredakan gejala penyakit pencernaan seperti perut kembung, diare, kram perut, dan gejala lainnya. chamomile juga memiliki efek menenangkan dan meredakan nyeri.

4. Minum air

Menurut laporan Healthline, minum banyak air agar tetap terhidrasi dapat meredakan masalah pencernaan seperti diare dan muntah. Minum air yang cukup juga bisa meredakan sembelit.

Para ahli merekomendasikan minum 1,5 hingga 2 liter air sehari untuk meredakan sembelit. Cara lain untuk membantu tubuh menyerap air adalah dengan makan sayur atau buah berair, seperti mentimun, melon, semangka, tomat, jeruk bali, dan persik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *