Ingin Diet Oatmeal ? Perhatikan Efektivitas nya Dulu Seperti Berikut

Ingin Diet Oatmeal ? Perhatikan Efektivitas nya Dulu Seperti Berikut

vacationdezigner – Diet oatmeal memang sudah lama diminati banyak orang karena dianggap efektif. Makanan ini sering dijadikan menu sarapan dan dianggap dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Oatmeal baik untuk tubuh manusia. Satu cangkir atau sekitar 128 gram oatmeal matang mengandung 150 kalori, 5 gram serat atau 18% kebutuhan serat harian dan sebagian besar protein.

Oat juga merupakan sumber berbagai nutrisi terbaik, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium. Seperti namanya, diet ini berfokus pada oatmeal sebagai menu utama satu atau dua kali makan sehari.

Mengutip situs kesehatan Healthline, diet oatmeal terdiri dari dua tahapan, di antaranya:

Tahap pertama

Selama minggu pertama, makan oatmeal tiga kali sehari.  Pada tahap ini, Anda hanya makan biji-bijian, bukan oatmeal instan yang bisa dicampur dengan buah-buahan.

Tahap kedua

Setelah minggu pertama, Anda akan mengonsumsi oatmeal satu atau dua kali sehari. Lebih banyak buah dan sayuran ditambahkan pada tahap ini. Pada tahap ini, Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal instan.

Anda disarankan untuk mengonsumsi hingga 0,5 cangkir oatmeal atau sekitar 64 gram oatmeal di setiap sarapan dan makan siang. Anda juga bisa mengonsumsi makanan ringan di pagi hari, seperti buah-buahan segar dan kacang-kacangan di siang hari.

Padahal “kebebasan” bisa didapat di malam hari. Pada menu makan malam, Anda bisa makan ayam bakar, ikan, steak tanpa lemak, dan kentang. Setelah makan malam, Anda juga bisa menyantap makanan penutup rendah kalori.

Hubungan antara oatmeal dan penurunan berat badan

Diet oatmeal dikatakan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker kolorektal. Biji-bijian utuh juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan membantu melancarkan pencernaan.

Oatmeal mengacu pada kesehatan pria dan mengandung serat yang disebut beta-glukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat ini dapat membantu mengatur hormon rasa lapar dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Namun, penelitian lain menemukan bahwa diet ini memiliki pengaruh yang kecil terhadap penurunan berat badan. Banyak wanita gemuk berpartisipasi dalam sebuah penelitian. Asupan kalori mereka rendah, termasuk dua porsi oatmeal sehari.

Hasilnya, partisipan yang makan dua porsi oatmeal sehari kehilangan berat badan tidak lebih besar dari kelompok diet lainnya. Namun, bagi sebagian orang yang mengonsumsi oatmeal, kelebihan serat justru bisa membantu mereka menurunkan berat badan.

Beberapa hasil penelitian ilmiah tersebut membuat manfaat oatmeal untuk menurunkan berat badan masih belum jelas. Seperti diet lain yang hanya fokus pada satu makanan, diet ini juga rawan memasukkan ketidakseimbangan nutrisi ke dalam tubuh.

Mengutip berita medis dewasa ini, diet oatmeal ini kerap membuat orang merasa lapar, pusing, dan lelah Diet juga dapat memperburuk kondisi kesehatan yang ada.

Beberapa risiko yang dapat ditimbulkan oleh diet ini meliputi:

  • Ketidakmampuan untuk mempertahankan penurunan berat badan
  • encok
  • Batu ginjal
  • Meningkatnya risiko gangguan kesehatan kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoporosis, dan kanker

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda tidak sekadar mengikuti diet oatmeal atau metode diet lainnya, tetapi konsultasikan ke dokter. Metode dietnya bersifat pribadi, dan bergantung pada kondisi fisik masing-masing orang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *