Lakukan Cara Alami Berikut Ini Untuk Meredakan Diare

Lakukan Cara Alami Berikut Ini Untuk Meredakan Diare

vacationdezigner – Diare membuat perut terasa tidak nyaman. Terdapat sebagian cara natural buat meredakan Diare tanpa obat- obatan.

Diare merupakan gangguan sistem pencernaan yang membuat keinginan buang air besar muncul terus menerus. Diare juga membuat kondisi feses lebih encer dari biasanya.

Diare biasanya berjalan dalam hitungan jam ataupun hari. Terdapat sebagian cara yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan Diare.

Berikut beberapa cara alami meredakan diare.

1. Mengkonsumsi serat larut

Saat mengalami diare, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan serat larut sehingga makanan akan bergerak lebih lambat lewat sistem pencernaan. Sisa makanan pun akan terkunci dan lebih padat. Makanan dengan kandungan serat larut antara lain, oat, kacang-kacangan, apel, jenis buah-buahan sitrus, wortel, dan barley.

2. Makan Makanan tawar

Sisihkan sementara menu makanan yang kaya akan bumbu serta saus. Kebalikannya, mengkonsumsi makanan dengan protein ringan seperti ayam, ikan, telur, kentang tumbuk ( mashed potato), nasi, mi, selai kacang, serta sayur- mayur yang dimasak hingga mudah di cerna.

3. Meningkatkan probiotik pada makanan

Probiotik merupakan mikroorganisme yang bermanfaat bagi sistem pencernaan dengan mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi.

Probiotik dapat Anda temukan pada yogurt atau makanan fermentasi lainnya.

4. Hidrasi tubuh

Diare membuat seorang kehabisan banyak larutan serta elektrolit. Penyembuhan dari diare harus diimbangi dengan konsumsi larutan.

5. Menjauhi jenis makanan tertentu

Sebagian jenis makanan khusus hendaknya dijauhi sementara untuk menddukung cara penyembuhan tubuh. jenis makanan yang perlu dihindari antara lain:

  • Pemanis buatan

Makanan dengan pemanis buatan dapat memperparah diare.

  • Gorengan

Makanan tinggi lemak serta berminyak pula lebih sulit di cerna serta dapat mengakibatkan diare.

  • Makanan pedas

Makanan pedas dengan bagian capsaicin di dalamnya dapat merangsang saluran usus sehingga cara pencernaan jadi lebih cepat.

  • Kafein

Konsumsi kafein bisa mempercepat pencernaan. Saat sisa olahan makanan didorong dengan cepat, usus tidak sempat menyerap cairan sehingga feses menjadi lebih cair.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *