Pastikan Kebutuhan Zat Besi Anak Terpenuhi Agar Terhindar Dari Anemia

Pastikan Kebutuhan Zat Besi Anak Terpenuhi Agar Terhindar Dari Anemia

vacationdezigner– Anemia ialah kondisi yang amat membahayakan. Kondisi ini bisa melanda siapa saja, termasuk anak- anak.

Dokter ahli vitamin klinis Luciana B. Sutanto menegaskan orangtua buat mencermati konsumsi nutrisi anak supaya tidak kekurangan zat besi yang bisa menimbulkan anemia.

“Kekurangan zat besi pada anak berpotensi menghambat pertumbuhan kognitif, motorik, sensorik, dan sosial anak. Jika tidak ditangani secara tepat, dampaknya bisa jadi permanen,” kata Luciana dalam diskusi virtual, dikutip dari Antara.

Hasil Riset Kesehatan Dasar( Riskesdas) 2018 membuktikan satu dari 3 anak Indonesia berumur di bawah 5 tahun terdaftar mengalami anemia, salah satunya diakibatkan kekurangan vitamin.

Kebutuhan zat besi anak

Kebutuhan zat besi dicocokkan dengan umur seorang serta umumnya terus menjadi meningkat bersamaan pertambahan umur.

Anak sampai umur 6 bulan membutuhkan sekitar 0, 27 mg, umur 7- 12 bulan kebutuhannya jadi 11 mg.

Kemudian, anak berumur 1- 3 tahun membutuhkan 7 mg zat besi, umur 4- 8 tahun kebutuhannya jadi 10 mg, serta dikala umurnya menggapai 9- 13 tahun asupannya jadi 8 mg per hari.

Seorang yang kekurangan zat besi kerap merasa letih, lemas, nampak pucat, risau, gampang bedan, tangan ataupun kaki jadi dingin serta mempunyai kuku lemah dalam beberapa permasalahan.

Kondisi lain yang bisa terjadi saat seseorang kekurangan zat besi, anemia defisiensi besi. Kondisi ini bisa dialami bayi, wanita hamil dan remaja. Anak yang kekurangan zat besi tidak bertambah gemuk, sering sakit, pucat dan terlihat lelah.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi, maka pembentukan sel darah merah baru akan terhambat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *